Waspada, Jamu Dicampur Obat Kimia

Waspada, Jamu Dicampur Obat Kimia

Tangerang – Banyak cara ditempuh orang untuk meraih keuntungan dalam waktu singkat. Bahkan tidak jarang segala cara dihalalkan. Salah satunya dilakukan seorang produsen jamu racikan di Tangerang, Banten, belum lama ini. Alih-alih menyehatkan tubuh, jamu-jamu itu justru membahayakan kesehatan karena dicampur dengan obat-obat kimia tertentu.

Keberadaan lokasi jamu berskala besar ini diketahui saat Kepolisian Sektor Serpong menggerebek gudang di Kelurahan Buaran, Tangerang. Ribuan kardus jamu siap edar yang diduga ilegal ditemukan. Polisi juga menemukan pabrik tempat produksi jamu di Kecamatan Cisauk, Tangerang. Tidak adanya surat izin semakin menguatkan dugaan pabrik jamu itu ilegal.

Polisi menangkap tersangka BN yang mengaku hanya sebagai penyandang dana. BN juga menyatakan tak tahu jika jamu yang menurutnya sudah berizin BPOM itu dicampur obat kimia. Belakangan, BN mengaku mencampur obat-obat kimia atas permintaan konsumen untuk menambah khasiat. Tersangka pun yakin jamunya tidak berbahaya asal tak dikonsumsi secara berlebihan.

Ironisnya, data di BPOM, tersangka BN ternyata merupakan pemain lama dan residivis kasus jamu ilegal. Bahkan semua produk jamu BN sudah dinyatakan berbahaya oleh BPOM. Izin produksinya juga sudah dicabut. Sayang, ringannya jeratan hukum membuat para tersangka kasus ini leluasa memproduksi kembali jamu-jamu terlarang itu.

Sudah banyak korban berjatuhan karena mengonsumsi jamu yang ditambah zat kimia. Seorang korban bernama Pon menuturkan bukannya menyembuhkan penyakit, jamu yang pernah dikonsumsinya justru membuat sakitnya bertambah parah. Beruntung setelah melihat pemberitaan maraknya jamu-jamu berbahaya di televisi, korban langsung menghentikan kebiasaannya.

BPOM mengingatkan warga untuk berhati-hati memilih produk jamu yang beredar di pasaran. Bagi Anda yang pernah menjadi korban jamu ilegal, dapat melapor ke Unit Pelayanan Konsumen BPOM RI. Keluhan tersebut diharapkan dapat membantu aparat membongkar sindikat peredaran jamu ilegal [baca: Pabrik Jamu Digerebek].

sumber: http://bit.ly/92UaQW

– download sumber disini –

This entry was posted in artikel. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s